2018, Dinas PP dan KB Target 200 Lorong KB Baru

185
Lorong KB
2018, Dinas PP dan KB target 200 Lorong KB Baru

PORTALMAKASSAR.com -Dinas Pengendalian Penduduk-Keluarga Berencana (PP-KB) Kota Makassar menargetkan akan menambah jumlah lorong pembinaan serta penyuluhan di Kota Makassar sebanyak 200 lorong KB, hal itu dilakukan untuk memaksimalkan program dua anak cukup di tahun 2018 ini.

Kepala Dinas PP-KB Kota Makassar, Daniel Pakambanan mengungkapkan Program dari Dinas PP-KB lebih menggenjot pelaksanaan Lorong KB, untuk Tahun 2018 ini diharapkan setiap Kelurahan harus memiliki 1 lorong KB.

“Kita harap semua lorong di Makassar memiliki Lorong KB tapi kita target tahun ini 200 lorong KB,” ucap Daniel Pakambanan, Senin (28/1/2018).

iklan

Ia menjelaskan bahwa untuk mewujudkan Lorong KB yang baik tidak hanya pada Dinas PP-KB saja, yang harus dipahami bahwa Lorong KB tidak hanya mengurusi tentang Keluarga Berencana (KB) tetapi juga penataan lorong dan yang lainnya.

“Sebut saja Lorong KB yang ada di Tallo, Semua SKPD harus turut serta disana, kalau urusan Keluarga Berencana itu urusan Dinas PP-KB, kalau urusan Drainase harus Dinas PU, mungkin juga lorong-lorongnya dan itu bisa dibantu, misal terkait karang taruna bisa ikut Dinas Sosial, hal itu bisa dikasi contoh Lorong lainnya” ucap Daniel Pakambanan.

Lanjut Daniel, Fokus penataan dan pelaksanaan Lorong KB itu ada pada Wilayah kumuh dan pesisir, yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat.

“Lorong KB dikatakan sukses itu alhamdulillah, tapi tidak boleh berhenti, kita tetap kembangkan lorong, mungkin melalui sosialisasi dan penyuluhan disetiap lorong,” kata Daniel.

Selain itu, Daniel menuturkan target lorong KB dari Dinas PP-KB Kota Makassar diharapkan bertambah dua kali lipat dari jumlah yang sekarang sudah terbentuk tersebut.

Sehingga kata dia, dalam mensosialisasikan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait keluarga berencana bisa tercapai.

“Kita berharap jumlah lorong KB di Kota Makassar bisa bertambah dua kali lipatnya tahun ini, sebab tahun ini ada penambahan jumlah kelurahan juga,” ucap Daniel.

Tidak hanya perbanyak Lorong KB, Kata Daniel mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyediakan tim penyuluh KB di setiap Kelurahan artinya ada 153 Penyuluh KB di setiap Kelurahan.

“Faktanya Tenaga penyuluh kita baru 121 dan selebihnya tenaga kontrak dan ada kader yang ada di setiap RW, dan kita syukuri karena Pemkot menyediakan tenaga penyuluh,” kata Daniel.

Ia menambahkan bahwa adanya kader penyuluh kb disetiap RW sangat membantu, kinerja dari setiap penyuluh langsung di berikan oleh Bagian keuangan dimana perbulan diberi uang operasional sebesar Rp 300 ribu.

Sekedar Informasi, lorong KB di 15 Kecamatan lingkup Pemkot Makassar tahun 2016 sebanyak 155 lorong KB. Sementara di Tahun 2017 sebanyak 310 Lorong dan Tahun 2018 ada 200 lorong KB baru. (hamzah)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA