Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Paparkan Mall Pelayanan Publik

49

PORTALMAKASSAR.com – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan dan RB RI, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA dihadapan Plt Walikota Syamsu Rijal, Staf ahli, kepala SKPD memberi pemaparan tentang penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP), bertempat diruang Sipakatau lantai 2 Kantor Balaikota Makassar, Senin (5/3/2018).

Pengimplementasian Mall Pelayanan Publik di Kab/Kota menurut Diah adalah bermula, dengan adanya keinginan pemerintah pusat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk perbaikan birokrasi pelayanan publik. Terutama pada pelayanan barang, jasa atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pemerintahan.

Pedoman pelayanan publik mall selanjutnya dituangkan dalam PP No 23 tahun 2017 yang didalamnya menjelaskan pelayanan publik mall adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa, pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan BUMN, BUMD maupun swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

“Tentunya tujuan yang ingin dicapai adalah memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan,
keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam
mendapatkan pelayanan; serta meningkatkan daya saing global untuk memberikan kemudahan berusaha di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Diah lagi, peranan pemerintah masing masing daerah khususnya Dinas PTSP sangatlah penting dalam mewujudkan Hal tersebut karena dibutuhkan koordinasi antara SKPD dan Instansi lainnya.

“Hal ini tidaklah mudah untuk dilaksanakan, karena harus didasarkan atas prinsip keterpaduan, berdaya guna, koordinasi, akuntabilitas, aksesibilitas dan kenyamanan
bagi penyelelenggara MPP,” jelasnya.

Untuk itu Diah menghimbau agar pemyelenggaraan MPP, khususnya dikota Makassar, secepatnya dapat segera direalisasi, mengingat hal tersebut sudah menjadi suatu kebutuhan untuk memberikan kenyamanan pelayanan bagi masyarakat.

Menyingkapi hal tersebut Syamsu Risal menjelaskan bahwa pemerintah kota saat ini telah membangun pelayanan PTSP bintang lima sebagai salah satu pilot project di indonesia dan sudah dicanangkan oleh bapak walikota untuk segera di realisasikan.

(Hamzah)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA