Dinkes Kota Makassar Lakukan Demonstrasi Imunisasi di SD Sudirman

PORTALMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) didampingi TP PKK Kota Makassar dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menggelar pencanangan demonstrasi program imunasasi Human Pappiloma Virus atau HPV guna mencegah penyebaran kanker serviks pada wanita.

 

Kegiatan pencanangan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Sudirman, Jumat (2/11/2018) dan langsung dirangkaikan dengan pemberian vaksin kepada siswa kelas 5 SD.

Indira Yusuf Ismail, Ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Makassar mengatakan pemberian imuniasasi ini dikhususkan untuk anak perempuan berusia 11 tahun.

“Hari ini Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan bekerjasama dengan SD Sudirman mengadakan pekan imunisasi untuk imunisasi HPV. Ini dikhususkan untuk anak usia 11 tahun. Kalau anak SD itu, dia kelas 5 SD,” ujar Indira, Jumat (2/11/2018).

Sebanyak 13.282 anak perempuan menjadi target sasaran imunisasi ini dengan harapan tubuh anak dapat tahan terhadap serangan virus khususnya virus yang menyebabkan kanker mulut rahim tersebut.

“Jumlahnya sasaran kita sekitar 13.282 anak yang kita harapkan semuanya bisa memperoleh imunisasi ini agar insya allah anak kita kedepan tidak terjangkit kanker serviks,” lanjutnya.

Pencanangan demonstrasi program imunisasi ini dilakukan di sekolah dengan harapan para guru dapat memberi motivasi kepada siswa agar mau dan tidak takut untuk diimunisasi.

“Kita canangkan disekolah dengan bantuan guru-guru agar anak bisa sadar dan termotivasi dan mau untuk diimunisasi. Bahkan seminggu pun bisa mencapai target yang penting koordinasi Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan puskesmas juga sehingga bisa terlaksana secara merata karena itu sudah jadi target pemerintah pusat,” terangnya.

Diketahui, TP PKK Kota Makassar selalu gencar mensosialisasikan gerakan gaya hidup sehat dan hidup bersih kepada seluruh masyarakat Kota Makassar.

“Kita selalu mensosialisasikan bagaimana hidup bersih agar anak-anak kita dan kita senidri tetap dalam hidup sehat dan anak-anak kita tumbuh jadi generasi yg sehat,” tutupnya.

(SYAMSI)

Berikan Komentar