Disnaker Makassar Pastikan Tidak Ada Perusahaan Abaikan THR Untuk Karyawannya

593
Kepala Disnaker Makassar A Irwan Bangsawan. Ist

PORTALMAKASSAR.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar menerima laporan ada 10 lebih perusahaan yang belum menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) hingga min 4 hari Idul Fitri, Rabu (21/6/2017).

Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menyampaikan dari laporan ini pihaknya turun langsung ke perusahaan tersebut untuk memastikan agar karyawannya harus menerima THR.

“Banyak laporan yang kami terima, tercatat ada lebih dari 10 perusahaan yang tidak memberi THR kepada pekerjanya,” jelas Irwan saat dikonfirmasi PORTALMAKASSAR.COM, Rabu (21/6/2017).

Irwan melanjutkan, bahwa atas laporan tersebut tim dari Disnaker Kota Makassar telah melakukan teguran dengan mendatangi perusahaan tersebut, hasilnya, perusahaan memastikan THR untuk para pekerja terealisasikan sebelum lebaran.

“Kami telah mendapat kepastian dari hasil lapangan, bahwa perusahaan akan memastikan THR diperoleh para pekerja, namun menurut para pemilik perusahaan hanya persoalaan waktu saja menunggu THR tersebut cair,” tandasnya.

Terakhir, Irwan menegaskan, jika saja ada perusahaan nakal yang tidak memberi THR sebagai mana yang disebutkan dalam peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi seluruh karyawan perusahaan, maka Disnaker Kota Makassar akan siap melaporkannya ke Disnaker Provinsi Sulsel, untuk ditindaki lebih tegas lagi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Disnaker Provinsi.

Namun demikian, lagi kata manta Kepala BPM Kota Makassar, bahwa semua perusahaan telah memastikan pemberian THR kepada para pekerjanya sesuai dengan batas waktu yang diberikan 7 hari sebelum hari raya.

“Alhamdulillah, semua perusahaan pastikan THR terealisasikan,” tegasnya.

Diketahui, dari sekitar 6.000 perusahaan yang disahkan oleh Disanaker Kota Makassar. Tercatat ada 4.000 perusahaan yang aktif.

(MAJIED RL)

Berikan Komentar