DPPPA Makassar Dorong Setiap SKPD Gunakan GBS Di DPA

110
Tenri A. Palallo Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar
Tenri A. Palallo Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar

PORTALMAKASSAR.com Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar mendorong maksimalisasi pelaksanaan program kerja di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Salah satunya dengan menginginkan setiap SKPD menggunakan dua Gender Budget Statement (GBS). Hal tersebut disampaikan Kepala DPPPA Makassar, Tenri A. Palallo. Minggu (11/3/2018)

“Pihak Kementerian telah menerapkan dan sementara mengembangkan GBS, untuk Kota Makassar juga sudah diterapkan di SKPD se-Kota Makassar. Kemarin satu, paling tidak nanti menggunakan dua GBS,” ungkap Tenri A. Palallo.

Kepada awak media, Tenri A. Palallo menjelaskan bahwa GBS merupakan pisau analisis yang digunakan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD agar berperspektif gender.

“Jadi dengan menjadikan GBS sebagai suatu pisau analisis, kami ingin memastikan anggaran yang direncanakan di DPA SKPD mempertimbangkan kepentingan terbaik untuk perempuan, laki-laki, anak-anak, dan kelompok rentan lainnya,” urai Tenri A. Palallo.

Lebih lanjut, Tenri A. Palallo memaparkan semua program yang direncanakan dapat lebih tepat sasaran dalam pelaksanaannya kelak. Pasalnya, baik perencanaan hingga monitoringnya lebih akurat.

“Kita mau memastikan semua program yang direncanakan dapat berjalan dan tepat sasaran. Karena kalau GBS perencanaannya bagus, monitoringnya bagus, aksesnya bagus dan asas manfaat yang paling perlu kita kontrol,” tutupnya.

(Hamzah)

Berikan Komentar