Gempa Bumi Tektonik 4,8 M Goyangkan Bulukumba, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Wilayah Tenggara Bulukumba – SULSEL dipanda Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 M  pada hari  Minggu tanggal 7 Oktober 201

PORTALMAKASSAR.com –   Wilayah Tenggara Bulukumba – Sulsel dilanda gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 M  pada hari  Minggu 7 Oktober 2018.

 

Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan bahwa hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa pada pukul 14:40:32 WITA dengan episenter 5.70 LS- 120.67 BT sekitar 59 km Barat Laut Tenggara Bulukumba, Sulawesi Selatan  berkekuatan M=4.8.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar  Walanae di wilayah Bulukumba-Sulawesi Selatan.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan keras dirasakan di wilayah Bulukumba, Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG  (II-III MMI),” ujarnya.

Hasil koordinasi  hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Berdasarkan Pengamatan hingga pukul 16.30 wita, terdapat 2 kali gempa susulan dengan kekuatan M 2.5 pada 15:05:05 WITA dan M 4.4 pada pukul 15:39:27 WITA (dirasakan di Bulukumba, Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG  (II-III MMI)).

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG.

(Gita Oktaviola/Red2)

Berikan Komentar