Gubernur Sulsel Terima Kunjungan Duta Besar Amerika

64
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr untuk pertama kalinya mengunjungi Provinsi Sulawesi Selatan, dalam kunjungan perdana ini, menyempatkan diri berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur Sulsel untuk bertemu Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jum'at (9/3)

Bahas Peluang dan Potensi Hubungan Bilateral

PORTALMAKASSAR.com – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel Jalan Sungai Tangka, Jum’at (9/3).

Donovan diterima langsung oleh Gubernur SYL didampingi Kepala Bapenda Sulsel Tautoto Tanaranggina, Kepala Bappeda Sulsel Jufri Rahman dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Musyafar Syah serta sejumlah pejabat lainnya.

Donovan kemudian melaporkan telah melakukan kunjungan kebeberapa unit bisnis yang ada hubunganya dengan Amerika Serikat di Sulawesi Selatan seperti Kakao Mars Symbioscinece dan perusahaan listrik yang mengerjakan proyek listrik tenaga bayu di Sidrap.

“Terima kasih Bapak Gubernur sudah meluangkan jadwal, ini adalah kunjungan pertama saya di Sulsel dan memiliki kesan mendalam. Saya mengunjugi pabrik Mars Symbioscience dan melihat bagaimana apa yang dilakukan perusahaan amerika yang berinvestasi di Sulsel,” kata Donovan.

Selain itu, Donovan juga memuji budaya dan pariwisata Sulsel, seperti makanan hasil laut (sea food) dan rumah ada tongkonan Toraja.

“Saya juga banyak belajar banyak sejarah Sulsel disini. Makan sea food disini enak, saya akan kembali,” sebut Donovan.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pun ikut memuji Donovan. Baginya, hari ini adalah hari yang berbahagia.

“Saya bahagia, dan Ternyata tuhan juga yang mengaturnya, diakhir masa jabatan saya, duta besar hadir. Saya kemarin mengundang hingga empat kali. Duta Besar hadir pasti ada sesuatu yang menarik di Sulsel,” sebut Syahrul YL.

Ia menjelaskan dalan pertemuan tersebut membicarakan penguatan hubungan bilateral Amerika Serikat dan Indonesia, khususnya Sulsel.

Membicarakan sektor perekonomian dan perusahaan amerika yang ada di Sulsel. Ia menyebutkan terdapat 15 komoditas ekspor asal Sulsel yang saat ini dikirim ke Amerika, termasuk udang segar.

Diakhir kunjungan Gubernur mengajak duta besar untuk tour disekitar rumah jabatan gubernur, Donovan begitu takjub dengan arsitektur rumah adat Toraja Tongkonan yang ada di taman Lakipadada.(#Rls)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA