HKI Kolaborasi Dinkes dan Disdik Makassar, Cegah Kebutaan Anak

186

PORTALMAKASSAR.COM – Helen Keller International (HKI) bangun kolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar dalam memperkuat sistem pencegahan dan konsekuensi kebutaan mata anak di Kota Makassar.

Hal tersebut terungkap dalam sambutan Senior Program Manager-Eye Health HKI, dr. Satya Prabha Kotha, pada kegiatan sosialisasi skrining tajam penglihatan mata anak bagi kepala Puskesmas dan kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), Jum’at, 16 Juni 2017 lalu.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerjasama yang telah terbangun, antara HKI dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Program yang dijalankan HKI ini, tidak akan merubah system yang sudah ada. Malah akan lebih memperkuat system tersebut,” tambah dr, Satya.

iklan

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Hj. A. Naisyah T. Azikin, M.Kes, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada HKI atas kerjasama yang telah terbangun selama ini, dalam rangka menunjang program-program Dinas Kesehatan kedepan. Selain itu, beliau juga menekankan bahwa selain 28 SMPN sebagai piloting program, juga diharapkan semua SMP Negeri maupun Swasta dapat melaksanakan skrining dan deteksi dini, guna untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Capaian yang kami harapkan kedepan yaitu adanya laporan akhir tahun terkait data hasil skrining yang dilaksanakan di puskesmas, sekolah dan posyandu. Anak yang teridentifikasi butuh terapi kacamata dan tergolong kurang mampu, akan diupayakan solusi yang terbaik dengan identifikasi sumber pembiayaan potensial yang dapat diakses, seperti CSR,” jelas dr. Naisyah.

(RIL)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA