IMIKI PPT UINAM Gelar “Jejak Komunikasi” dI Sekolah Binaan

Sejumlah pengurus PPT IMIKI UIN Alauddin Makassar

PORTALMAKASSAR.com – Sejak berdiri pada 1 September 1998, IMIKI mulai berkembang dan dikenal. IMIKI adalah Ikatan Ilmu Komunikasi Indonesia. Komunitas ini adalah sekumpulan anak-anak komunikasi yang membaur menjadi satu namun tetap berada dibawah naungan setiap universitasnya.

Meskipun belum semua universitas yang ada di Indonesia ini bergabung, tetapi IMIKI sendiri memiliki rencana bagaimana agar komunitas ini mampu menyebar diseluruh universitas yang terdapat di Indonesia.

Saat ini universitas yang sudah tergabung dalam IMIKI berjumlah kurang lebih 105 Universitas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, salah satunya UIN Alauddin Makassar yang mendaftarkan diri atau bergabung dalam IMIKI sejak tahun 2008 di bawah kepengurusan Ramdhan yang kemudian di bentuklah PPT (Pengurus Perguruan Tinggi) di sahkan melalui Cabang Makassar.

Ikatan Mahasiswa Komunikasi Indonesia memiliki visi misi yang didalamnya terdapat tujuan yakni bagaimana mahasiswa dapat menjadi wadah tunggal bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia yang menyalurkan dan mengembangkan nilai, moral, kreativitas, dinamika, dan kemampuan baik akademis maupun non akademis.

Selain itu, IMIKI berharap dengan adanya ikatan ini seluruh anak komunikasi dapat mempererat silaturahmi yang dibangun sehingga akan mempermudah bagi lapangan kerja nantinya. Ikatan ini juga berharap dengan adanya perkumpulan ikatan mahasiswa komunikasi ini dapat menjadi sarana bertukar pikiran, ilmu juga profesi dibidang komunikasi.

Dalam kegiatannya sendiri IMIKI tidak memungut biaya, terkecuali untuk acara seminar yang memang membutuhkan dana setiap orangnya, dalam biaya tersendiri IMIKI biasanya bekerjasama dengan pihak-pihak sponsor, lembaga pemerintahan, lembaga-lembaga independen lainnya yang terkait kerjasama dengan IMIKI, dengan begitu IMIKI mendapatkan biaya untuk melakukan suatu kegiatan.

Untuk saat ini setiap wilayah dan cabang menjalankan kegiatan sesuai dgn proker yang di sepakati dalam rapat kerja masing-masing. IMIKI Pengurus Perguruan Tinggi UINAM sendiri program kerja yang rutin diadakan yakni Pelatihan Dasar Komunikasi dan Penyelenggaraan Seminar.

Ketua IMIKI Pengurus Perguruan Tinggi UINAM, Abdul Aziz mengatakan, baru-baru ini (23 Januari 2018), telah di adakan kegiatan “Jejak Komunikasi”bekerja sama dengan Yayasan Pesantren Darul Rasyidin yang tak lain adalah sekolah binaan IMIKI PPT UINAM selama empat tahun terakhir.

“Perekrutan anggota IMIKI ini juga tidak memiliki syarat tertentu, hal yang perlu diingat yaitu harus sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, selain itu IMIKI tidak mematokkan pada suatu persyaratan. Karena IMIKI bertujuan memajukkan kualitas mahasiswa ilmu komunikasi,” tutup Aziz.

(Citizen Journalism: Fitrianty Syafruddin/red3)

Berikan Komentar