Kereta Api Baru di Luncurkan Sudah Harus Masuk Kandang Perawatan

27
KERETA API

PORTALMAKASSAR.COM – Kereta api saat ini menjadi sebuah kebanggaan bagi pemerintah untuk memajukan sarana transportasi di negeri ini. Tetapi, terkadang ada sebuah kisah lucu dalam perjalanan kereta api ini. Salah satunya adalah kereta api baru yang baru saja diluncurkan oleh PT KAI untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi bandara.

Kereta Api Solo Ekspres yang melayani rute Solo – Yogyakata – Kutoarjo ini menjadi kebanggaan masyarakat Solo dan para penglaju yang kehabisan tiket Prameks. Tadi Sore rangkaian kereta ini pun mengalami kerusakan dan harus digantikan dengan rangakaian kereta yang baru dengan jenis yang sama.

Sedikit heran dengan kerusakan ini, bukankah rangkaian ini adalah kereta baru yang baru saja di pesan oleh PT KAI. Dengan harga 30 ribu, harga yang sebenarnya cukup fantastis ini membuat semua orang pasti akan bertanya-tanya. Kenapa bisa kereta ini rusak? Apa yang salah dengan rangkaian ini?

Memang kereta ini memliki berbagai macam fasilitas yang tidak dimiliki oleh prameks. Tetapi, dari tingkat kenyamanan sebenarnya kedua kereta ini hampir sama. Hanya saja, di rangkaian prameks tidak ada colokan listrik dan juga televisi. Selebihnya, semua hampir sama bahkan dari segi waktu pun tidak jauh berbeda, hanya mempunyai selisih 15 menit saja.

Banyak para penumpang yang terkejut dengan kondisi rangkaian Solo Ekspres yang tadi sore sempat diberangkatkan tepat pada waktnya. Hanya saja, saat perjalanan kereta ini begitu mengecewakan. Seperti, rangkaian kereta Prameks yang memang seharusnya sudah diganti dengan rangkaian baru.

Kondisi Kereta Solo Ekspres ini mengingatkan para penglaju dengan kondisi Rail Bus Batara Kresna yang kondisinya hampir sama. Baru beberapa bulan jalan, kereta ini sudah harus mengalami kerusakan yang cukup parah dan harus mengalami perbaikan yang cukup lama.

Timbul sebuah pertanyaan dalam benak tentang rangkaian kereta api yang konon katanya dibeli dengan harga yang cukup fantastis ini. Siapa yang salah? PT KAI yang tidak bisa merawatnya dengan baik. Atau memang PT INKA yang tidak bisa membuat sebuah armada yang bisa bertahan lama setidaknya tidak mengalami kerusakan sampai 1 tahun pemakaian?

 

(Ary – Ganesoft.com)

Berikan Komentar