KPID : Soppeng Target Pertama Penertiban Dan Pembinaan TV Kabel

KPID : Soppeng Target Pertama Penertiban Dan Pembinaan TV Kabel

PORTALMAKASSAR.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulsel,  segera melakukan penertiban terhadap lembaga penyiaran berbayar atau TV Kabel, target pertama yang akan dilakukan penertiban adalah kabupaten Soppeng,  demikian yang diungkapkan Riswansyah Muchsin SH.MH , Koordinator bidang kelembagaan KPID Sulsel, yang juga korwil pemantauan Penyiaran didaerah tersebut.

Penertiban yang akan dilakukan ini telah di koordinasikan dengan pihak Diskominfo kabupaten Soppeng sebagai pembina lembaga penyiaran daerah tersebut,  bahkan rencana penertiban ini juga telah mendapat support dari Wakil Bupati Soppeng, Supriansyah, SH.MH.

Bahkan pemerintah setempat juga telah gerah dengan maraknya lembaga penyiaran berlangganan yang tidak berijin ini, untuk itulah KPID Sulsel dan Pemkab soppeng bersama dengam pihak Polda Sulsel dalam waktu dekat akan melakukan penertiban tersebut.

Dari data yang di peroleh menyebutkan bahwa sedikitnya ada 69 lembaga penyiaran yang ada di daerah kabupaten Soppeng,  1 lembaga penyiaran berbayar yakni PT. Abrar telah mengantongi Izin Prinsip Penyiaran,  dan 17 TV Kabel lainnya ikut bergabung di PT Abrar dalam hal legalisasi me redistribusi siaran, sementara 51 TV Kabel lainnya hingga saat ini tidak berijin.

Lebih lanjut,  Riswansyah menyebutkan pada penindakan pertama pihak KPID akan mengumpulkan seluruh pengusaha TV Kabel ini,  kemudian akan dituntun untuk mengajukan perijinan,  namun jika dalam tempo yang di tentukan TV Kabel tersebut tidak juga mengajukan permohonan izin,  maka KPID tidak lagi memberi toleransi dengan melibatkan polisi,  karena dinilai melakuan penyebarluasan siaran dengan cara yang ilegal dan tidak sesuai dengan perda TV Kabel.

Rencana pembinaan dan penertiban tv kabel di kabupaten soppeng ini,  juga telah dikuatkan dengan hasil pleno KPID Sulsel pada hari senin 12 Maret 2018, dalam pleno tersebut disebutkan KPID akan melalukan Audience khusus dengan Pamerintah Kab. Soppeng pada Jumat 16 Maret 2018.

Laporan : Riswansyah Muchsin 

Berikan Komentar