Mafindo Makassar Ajak Masyarakat Sulsel Deklarasi Anti Hoax

Deklarasi yang diinisiasi oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Makassar

PORTALMAKASSAR.COM – Deklarasi masyarakat tentang Berita Bohong (Hoax) dengan tema ‘Tau Sombere na Jujuru’ diselenggarakan di depan Monumen Mandala saat Car Free Day (CFD) Jalan Jendral Sudirman, Ahad (13/1/2019) disambut baik oleh masyarakat.

 

Deklarasi yang diinisiasi oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Makassar adalah bukti nyata dari masyarakat untuk memerangi penyebaran berita bohong yang memecah belah bangsa dan tidak memberi dampak positif bagi masyarakat.

Deklarasi tersebut ditandatangani oleh beberapa pihak yang turut serta melawan hoax diantaranya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pare-pare, KPU Kabupaten Soppeng, Celebes TV, Akademisi Universitas Negeri Makasar (UNM), dan Teman Jokowi Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Polisi resort (Kapolres) Kabupaten Jeneponto, Hery Susanto mengatakan, peristiwa yang terjadi di Negara Timur Tengah seperti Suriah mereka bisa hancur lebur karena perang saudara akibat berita bohong tersebut. Masyarakatnya tidak punya daya mengkroscek berita tersebut.

“Mereka tidak memiliki gerakan seperti itu akhirnya mereka saling curiga, membenci, bermusuhan, dan kita tidak menginginkan itu terjadi di Indonesia ini. Dan untuk penyebaran hoax di kabupaten Jeneponto tidak sampai terjadi karena kami tetap menyuarakan anti hoax itu dan keadaan disana masih kondusif, masyarakatnya masih bersatu, dan saling berkomunikasi dengan baik,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Teman Jokowi, Harbianti mengatakan, kami dari Teman Jokowi sudah melaporkan kepada pihak kepolisian akun-akun sosial media penyebar hoax selama 2018 sampai sekarang.

“Selama ini pihak penyebar hoax itu kebanyakan dari Facebook dan kedepannya agar pelaku hoax itu bisa jerah karena akan merusak bangsa apalagi di tahun politik saat ini” pungkasnya.

MUH. ERVIN SAPUTRA

Berikan Komentar