Nurdin Abdullah Tempati Dukungan Elecktoral Tertinggi Untuk Pilgub Sulsel

583
Indeks Politica Indonesia (IPI)

PORTALMAKASSAR.COM — Pemilihan Gubernur ( Pilgub) Sulsel 2018 yang tergolong sangat dinamis membuat parpol hati-hati dalam menentukan usungan, sebab semua parpol tentu ingin menjadi pemenang di Pilgub Sulsel.

Lalu apa syarat parpol dalam menentukan usungan di Pilgub Sulsel ?

Direktur PT. Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menilai, Parpol itu cendrung berpatokan pada tiga hal dalam menentukan usungan di Pilkada, terutama di pilgub.

” Pertama, bakal calon Gubernur harus di sukai kehadirannya dan mendapat dukungan electoral yang tinggi dari masyarakat. Kedua, bakal calon Gubernur memiliki visi yang sama dengan parpol tersebut, dan memiliki komitmen untuk membesarkan parpol. Ketiga, kedekatan emosial yang kuat, apakah itu dia kader internal yang berpengaruh atau memiliki pengaruh kuat ke elit parpol ” ucap Suwadi, Rabu (7/6/17).

Tentu parpol berharap bakal calon Gubernur yang mereka pilih memiliki kesamaaan dengan ketiga persyaratan tersebut. Menurut Suwadi, saat ini ada empat figur bakal calon Gubernur yang memiliki dukungan electoral yang bagus.

Pertama, Nurdin Abdullah, dimana dia paling tertinggi dukungan electoralnya karena sudah berada diangka 30 persenan elektabilitasnya. Sedangkan Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang dukungan electoralnya belum ada yang sampai dua digit, begitupun Nurdin Halid dukungan electoralnya masih di bawah satu digit.

Terkhusus Nurdin Abdullah, tingginya dukungan Electoralnya, akan menjadi modal kuat bagi dia untuk meyakinkan parpol, untuk mengusungnya maju di Pilgub Sulsel, tinggal komunikasi politiknya dipertajam ke parpol, sebab kebanyakan parpol dalam memutuskan arah usungannya lebih cenderung pada dukungan elektoral.”papar Suwadi. ( SIA/RED2)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA