Opini: Pemuda Adalah Perekat Persatuan Bangsa

Rahmatullah Uyha Darmawan ( Wakil Ketua Bidang Kesatuan Bangsa DPD KNPI Kab. Gowa & Bendahara Umum Sapma Pemuda Pancasila Kab. Gowa )

PORTALMAKASSAR.COM – Pemuda merupakan pelaku dalam narasi sejarah dan politik Indonesia. Nyaris semua tidak ada ada peristiwa penting di negeri ini yang tidak melibatkan pemuda, dari pembentukan Budi Utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928, Revolusi Agustus 1945, sampai mundurnya Soeharto sebagai presiden pada Mei 1998. Mereka hadir sebagai kekuatan yang berjasa menyelamatkan negeri dari marabahaya dan mengantar masyarakat ke gerbang kehidupan yang lebih baik.

 

Generasi muda saat ini harus diperhadapkan dengan perang sosial media, hoax dan saling hujat. Semakin majunya teknologi juga sangat berdampak pada kehidupan pemuda saat ini. Informasi sangat cepat di akses bahkan berita hoax yang sangat muda mengadu domba pemuda menjadi konsumsi pemuda hari ini.

Fenomena ini harus segera di sikapi oleh pemuda dengan meningkatkan skill, moral dan kreativitas yang baik sebagai benteng pertahanan melawan laju deras perekembangan teknologi yang juga semakin membuat bangsa Indonesia menjadi terkotak-kotak. Pemuda harus menjadi penengahan segala persoalan bangsa saat ini dan tidak menjadi motor gerakan yang dapat memecah belah bangsa.

Momentum politik juga harus dijadikan pemuda sebagai wadah menampilkan komunikasi politik yang santun dan selalu berpegang teguh pada prinsip memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa membedakan suku, ras dan agama. Pemuda sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan tidak boleh menjadi kayu bakar segala konflik yang ada di bangsa ini justru pemuda harus menjadi air penyejuk dan pemberi solusi segala persoalan yang ada serta menjadi kontrol sosial bagi kehidupan persatuan bangsa.

Momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018, pemuda harus menjadi perekat persatuan bangsa melalui karya , skill dan moral yang akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang damai, aman , makmur dan sejahtera kedepannya dengan berasaskan Pancasila .

Penulis :  Rahmatullah Uyha Darmawan
( Wakil Ketua Bidang Kesatuan Bangsa DPD KNPI Kab. Gowa & Bendahara Umum Sapma Pemuda Pancasila Kab. Gowa )

Berikan Komentar