Pedagang Takjil Semarakkan Kota Benteng, Bupati Kep. Selayar Sampaikan Apresiasi

229

PORTALMAKASSAR.COM – Bulan suci Ramadhan 1438 H  membawa keberkahan tersendiri bagi warga masyarakat muslim di sejumlah kabupaten/kota di tanah air yang memanfaatkan momentum ibadah puasa sebagai lahan untuk mengaiz rezeki dan penghasilan tambahan bagi keluarga dengan membuka lapak usaha jual-beli takjil , baik berupa kue, maupun makanan siap saji.

Hal tersebut turut dirasakan oleh sejumlah ibu-ibu rumah tangga pedagang takjil di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan yang ramai mewarnai sejumlah ruas-ruas jalan di bilangan kota Benteng, terutama saat menjelang beduk berbuka puasa.

Para pedagang takjil dapat dijumpai di sejumlah jalan-jalan utama di dalam kota Benteng, khususnya di jalan poros Jend. Sudirman, KH. Haiyung, Hati Suci, dan jalan Hati Gembira lokasi lapak takjil yang rata-rata berada di pinggiran jalan utama kota Benteng membuat warga bisa dengan mudah mengakses dan menemukan kebutuhan menu buka puasa siap santap yang dicarinya.

Harga kebutuhan takjil yang bervariasi dan relatif terjangkau memungkinkan warga dari seluruh tingkatan ekonomi untuk tetap dapat menikmati berbagai jenis jajanan takjil tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Cukup dengan merongoh saku celana ataupun baju, warga sudah dapat mencicipi berbagai macam kue basah dan kering yang banyak dijajakan di sepanjang jalan poros Jend. Sudirman sampai ke jalan Soekarno Hatta.

Berbagai bentuk kemudahan turut dipersenbahkan oleh para pedagang takjil musiman terutama bagi mereka ibu-ibu rumah tangga berstatus ibu karier dan pegawai negeri yang setiap harinya disibukkan oleh berbagai jenis pekerjaan kantor.

Persembahan tersebut dituangkan oleh pedagang takjil melalui penyediaan menu makanan siap saji mulai dari  nasi, sayur, ikan, tempe, telur dan berbagai jenis makanan siap saji lainnya.

Lapak makanan siap saji dapat dijumpai warga dan pengujung di ruas jalan S. Siswomiharjo, kota Benteng, tepat di sebelah selatan Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Selayar.

Di lokasi ini, warga juga dapat menjumpai berbagai macam kue-kue tradisonal dan bahan persiapan oleh-oleh khas Kepulauan Selayar mulai dari kue bolu gulung (bolu balu), terasi udang, emping melinjo, dan suguhan kue-kue tradisional lainnya.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali menandaskan, kehadiran pedagang takjil patut untuk diapresiasi sebagai simbolisasi dari semakin lancar dan meningkatnya perputaran roda peekonomian masyarakat.

Fakta ini salah satunya dapat dilihat dari hubungan simbiosis-mutualisme yang selama bulan Ramadhan ini terjalin begitu akrab antara masyarakat pedagang takjil dengan pembelinya.

Apresiasi dan rasa haru disampaikan Basli melihat akan mulai tumbuhnya cikal-bakal kesadaran berwira usaha di kalangan warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, meski itu masih bersifat musiman.

Kehadiran pedagang takjil tidak hanya sekedar menambah semarak suasana kota Benteng menjelang beduk berbuka puasa.  Akan tetapi, mereka juga telah ikut berkontribusi besar dalam mendorong tingkat pendapatan masyarakat  dan menumbuhkan simpul-simpul perekonomian baru melalui usaha jual beli menu takjil di bulan Ramadhan, pungkas orang nomor satu di daratan Kepulauan Selayar tersebut dalam kesempatan berbincang dengan wartawan di rumah jabatan bupati belum lama ini.

Pengirim: Fadly Syarif

MASUKKAN KOMENTAR ANDA