Pesan Kadisnaker ‘Irwan Bangsawan’ ke Calon Magang Jepang usai Tes Kesamaptaan

Kadisnaker Makassar, Irwan Bangsawan bersama calon magang ke Jepang di Kantor Disnaker Makassar, Selasa (16/10).

PORTALMAKASSAR.COM – Peserta calon magang ke Jepang, hari ini, Selasa (16/10) melakukan tes kesamptaan di Kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Jl A.P Pettarani.

 

Sebelumnya sebanyak 162 peserta mengikuti tes Matematika yang dilaksanakan di Ruang Sipakalebbi, Balaikota Makassar, Jl Ahmad Yani, Senin (15/10) kemarin.

Baca : Setelah 13 Tahun, Disnaker Makassar Dipercaya Lakukan Seleksi Magang ke Jepang

Untuk yang mengikuti tes kesampataan 97 orang yang dinyatakan lulus tes matematika kemarin. Tes ini dilakukan oleh Tim Pusat (Kemenaker) dan dibantu Tim Daerah tempat dilakukan seleksi.

Pada tes kesampataan ini, yakni mengukur tinggi badan minimal 160 cm. Berat badan minimal 50 kg. Cacat tubuh, termasuk proporsi bentuk tubuh. Patah tulang atau bekas patah tulang. Penyakit kulit (panu, kadas, kurap, dan lain-lain), Gigi, Disfungsi organ tubuh, Estetika.

Dari data disampaikan panitia, sekitar 9 orang dinyatakan tidak lolos pada tes hari kedua ini. Seperti ada peserta yang kurang 1 cm tinggi badannya.

“Tetap tidak bisa lulus. Ada peserta yang beratnya kurang 1 kg, tetap tidak bisa lulus,” ini sudah kriterianya, sebut panitia saat ditemui di Kantor Disnaker Makassar.

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan antusias peserta ikut seleksi magang ke Jepang ini sangat tinggi.

“Ini bukti keseriusan adik-adik dalam mengikuti seleksi. Kebersamaan mereka tetap terjaga mulai dari mereka belajar dan latihan berkelompok. Sampai pada seleksi Ini, kekompakan tetap terjaga,” kata Andi Irwan.

Meski beberapa dari mereka gugur pada tes kesamptaan, Andi Irwan menyampaikan agar mereka tetap bersyukur. Kegagalan hari ini jangan dianggap adalah akhir dari segalanya.

“Bukan berarti gagal atau kesuksesan tertunda. Tetapi motivasi untuk sukses kedepan. Jadi selalu memperbaiki diri agar lebih baik kedepannya,” pesan Andi Irwan kepada peserta.

Selaku kepala dinas, Andi Irwan menyampaikan tetap menyerahkan semua hasil dari tim seleksi yang telah profesional dan kompeten di bidangnya. “Jadi inti semua ini mereka tetap mengacu ke standar kelulusan. Meski itu kurang sedikit tinggi badan. Saya pun tidak bisa membantu. Artinya apa mereka tidak mau memulai untuk mengajarkan berbohongan dari awal. Tetap kejujuran, semangat dan keseriusan, yang ditanamkan,” tutur mantan Kepala BPM Makassar ini.

Untuk Rabu (17/10), peserta akan mengikuti tes fisik. Sekedar bocoran pada tes fisik ini peserta akan diuji seperti lari 3 km kurang dari 15 menit. Push up 35 kali. Sit up 25 kali.

(HS)

Berikan Komentar