PLUT Sulsel Dorong Digitalisasi dan Branding UMKM

162
PLUT Sulsel Dorong Digitalisasi dan Branding UMKM

PORTALMAKASSAR.com – Era digitalisasi menjadi bagian tak terpisahkan dari perdagangan dalam negeri maupun pasar internasional.

Karena itu,Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel terus mendorong pelaku UMKM supaya ‘melek’ teknologi dan menggunakan internet sebagai bagian dari strategi pemasaran maupun branding produk.

Jumat,9 Maret 2018 UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulawesi Selatan kembali menggelar bincang bisnis dengan mengangkat tema “Digital solution for UMKM” (UMKM Tembus Pasar Dunia dengan Solusi Digital)

Kegiatan yang berlangsung di ruang pelatihan PLUT ini menghadirkan Zulkifli AT, CEO Sahaba dan Kasman Suherman, Manager Project Google Gapura Digital Makassar.

Pada kesempatan ini Zulkifli menjelaskan tentang pentingnya sebuah brand dalam mengembangkan usaha, ia juga mengatakan bahwa brand bukan hanya sekedar merek, tapi soal rasa yang dialami konsumen saat menggunakan produk kita.

Selain itu ia juga memaparkan tentang pentingnya mendesain brand Mapping sebelum memulai proses branding.

Sementara itu, Kasman juga memaparkan tentang pentingnya sebuah usaha mendaftarkan diri pada Google Bisnisku karena selain masuk dalam peta Google, pelaku usaha juga mendapatkan website gratis dari Google.

Kegiatan yang dihadiri oleh pelaku UKM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha melalui dunia Digital.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel,Bahrul ulum mengatakan,kegiatan ini juga mendukung pendampingan 3Go (go modern, go digital dan go global) bagi pelaku UMKM yang ada di Makassar agar produktifitasnya bertambah dan daya saing usahanya juga bisa meningkat.

Laporan :Bahrul Ulum

MASUKKAN KOMENTAR ANDA