Prof Aminuddin Ilmar: Ketulusan Melayani

PORTALMAKASSAR.COM – Adanya inovasi yang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah Kota Makassar dengan slogan dua kali tambah baik dan smart city yang diaplikasikan dari tingkat kelurahan hingga menjadikan seluruh lapisan pemerintahan kota terkoneksi dengan maksimal tentu diharapkan menjadikan kota makassar lebih ramah dan lebih cekatan dalam melayani kepentingan dan kebutuhan warga kota.

 

Pelayanan yang prima seringkali menjadi sebuah slogan dalam menerapkan pelayanan publik meskipun telah didasari adanya sebuah kewajiban melayani sebagai suatu panduan agar pelayanan yang diberikan tidak sekedar telah terpenuhi dengan baik, namun yang terpenting adalah ketulusan dalam melayani menjadi sebuah kebutuhan untuk terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik.

Pelayanan yang baik dan ramah atau smart dapat menumbuhkan kepercayaan atau trust bagi pemerintah dan warga kota merasa yakin, bahwa pemerintah kota telah menjalankan amanah yang diberikan dengan baik sehingga ganjarannya adalah tumbuhnya keyakinan warga kota untuk ikut serta terlibat dalam berbagai program Kota Makassar oleh karena dirasakan telah memberikan manfaat pada kebahagiaan warga kota.

Sebaliknya, bisa saja terjadi manakala pemerintah kota dalam hal ini para pejabatnya tidak menganggap bahwa adanya kewajiban melayani kepentingan dan kebutuhan warga kota bukanlah sebagai sesuatu yang penting, akan tetapi hanya sebagai kewajiban belaka maka tentu saja warga kota akan merasa antipati pada setiap program kota yang dijalankan.

Disinilah menurut pandangan saya dibutuhkan adanya ketulusan dalam melayani sebagai bentuk perwujudan fungsi dan tugas pemerintah bukan hanya sekedar untuk menunaikan kewajiban semata dan untuk hanya sekedar mendapatkan penghargaan saja akan tetapi yang terpenting adalah, bagaimana warga kota merasa nyaman dan bahagia telah terlayani dengan baik oleh pemerintah kota.

Ketulusan dalam memberikan pelayanan prima (terbaik) tentu didasari pada dorongan hati yang tulus dan ikhlas dari para pemangku jabatan pemerintahan sehingga tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban namun didasarkan pula pada adanya pengabdian yang tulus untuk menghasilkan yang terbaik.

Adanya ketulusan melayani tentu didasari pada kebeningan hati dari para pemangku jabatan pemerintahan dalam melayani kepentingan dan kebutuhan warga kota sehingga diharapkan dapat mewujudkan Makassar sebagai kota yang ramah dan nyaman. Sebab, pelayanan yang tulus dan prima diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan tidak hanya dari masyarakat namun juga dari para pelaku usaha sehingga dapat pula menjadikan kota Makassar sebagai kota pilihan terbaik dalam berinvestasi maupun sebagai destinasi wisata.

Makassar, #20102018.

Penulis : Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, S.H. M.H.

Berikan Komentar