Prof Asnawi Haris Harap Generasi Milenial Tidak Golput

KPU Sulsel bersama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar dialog dan di rangkai dengan penanda tanganan Nota Kesepahaman (MoU)

PORTALMAKASSAR.COM – Menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, pihak KPU Sulawesi Selatan (Sulsel, terus memberikan sosialiasi kepada seluruh unsur masyarakat, khususnya masyarakat generasi muda (generasi millenial).

 

Pihak KPU Sulsel bersama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar dialog dan di rangkai dengan penanda tanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait KKN Pemilu, di Gedung Phinisi UNM, Jalan A.P. Pettarani, Kamis (08/11/2018).

Pihak KPU Sulsel yang dihadiri langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulsel, Misna M Attas, serta Prof. Dr. Asnawi Haris selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Prof Asnawi menuturkan problem yang dimiliki oleh dunia kampus pada saat pemilu yakni lebih memilih golput.

Hal itu berdasarkan kondisi para pemilih muda khususnya Mahasiswa Baru (Maba) yang tidak memilih dikarenakan libur yang di dapat hanya 1 hari saja. Praktis membuat mereka enggan untuk pulang ke daerahnya.

“Salah problem dalam dunia kampus adalah pada saat pemilihan umum itu justru tidak datang memilih. Bahkan ada beberapa kondisinya mereka ini misalnya mahasiswa baru enggan pulang ke daerah, misalnya liburnya hanya ada pada saat tanggal 17 itu,” ujarnya usai menghadiri dialog.

Untuk mengatasi perihal ini, berdasarkan dari hasil MoU antara pihak KPU Sulsel dan UNM, ia meminta kepada KPU memberikan fasilitas khusus dengan regulasi dari KPU sendiri, bagaimana suaranya nanti bisa di pakai saat Pemilu April mendatang.

“Kita minta KPU memberikan fasilitas khusus dengan regulasi mereka bagaimana caranya mereka pindah domisili sehingga suaranya itu benar-benar bisa digunakan pada saat pemilu,” ungkapnya.

Selain itu, poin berikutnya mereka sepakat agar untuk meningkatkan kualitas pemilu, membangun aliansi yang besar.

“Kita juga sepakat memang harus membangun aliansi besar untuk meciptakan pemilu yg berkualitas untuk melahirkan pemilih yang cerdas memang harus aliansi kpu dan kampus harus di tingkatkan,” terangnya.

Salah satu poin berikutnya dalam yakni KPU Sulsel bersama pihak UNM melakukan sosialiasi KKN Pemilu.

Nantinya mahasiswa yang terjun di daerah, akan mengabdi bersentuhan langsung dengan masyarkat memberikan sosialisasi terkait pemilu yang berkualitas dan baik.

“Sudah ada MoU dengan KPU, kita mau lakukan KKN Tematik, nanti mahasiswa akan terjun sebagai pengabadi serta bersosialiasi pemilu dengan masyarakat,” pungkas Dekan Fakultas Ilmu Sosial ini.

Muh. Ervin Saputra

Berikan Komentar