Profesi Apoteker UMI Lakukan Sosialisasi GeMa Cermat di SMA 9 Makassar

77
Jurusan Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Apoteker UMI Makassar mengunjungi SMAN 9 dalam rangka penyuluhan penggunaan obat dengan baik, Selasa (13/3/2018).
Jurusan Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Apoteker UMI Makassar mengunjungi SMAN 9 dalam rangka penyuluhan penggunaan obat dengan baik, Selasa (13/3/2018).

PORTALMAKASSAR.com – Jurusan Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Apoteker UMI Makassar mengunjungi SMAN 9 dalam rangka penyuluhan penggunaan obat dengan baik, Selasa (13/3/2018).

Penyuluhan disosialisasikan tentang cara penggunaan obat yang baik dan benar, dengan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa Cermat).

GeMa Cermat akan di sosialisasikan di 2 sekolah yakni SMA 22, SMA 9 dan SMA 6 Makassar.

Setiap mahasiswa apoteker memberikan informasi kepada siswa-siswi, dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengajukan pertanyaan.

Selain itu, diakhir acara sosialisasi tim apoteker farmasi UMI memberikan door prize kepada peserta untuk meningkatkan semangat peserta penyuluhan.

Sitti Amirah selaku Suvervisor pelaksana kegiatan, mengatakan bahwa dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, akan dijelaskan berbagai hal tentang cara penggunaan obat secara tepat, termasuk efek samping, dosis dan kandungan dari obat tersebut.

“Ini adalah hari kedua kami melakukan Gema Cermat di sekolah. Dan hari ini kita akan mengunjungi empat sekolah lagi. Tentu dengan tim yang berbeda,” ucapnya.

Dikatakan Sitti bahwa sebanyak 12 dosen dan 90 mahasiswa Profesi Apoteker yang terlibat dalam kegiatan penyuluhan ini. Jumlah mahasiswa ini terbagi dalam 9 tim, dimana masing-masing tim berjumlah 10 orang.

“Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak bisa lebih mengenal lagi cara penggunaan obat yang tepat. Misalnya, obat yang seharusnya diminum tiga kali sehari, hanya diminum dua kali saja. Obat yang harusnya diminum sebelum makan, tapi malah diminum sudah makan. Hal-hal seperti ini tentu ada efek sampingnya,” tutupnya.

(gita/red4)

Berikan Komentar