Program WUB Diskop UKM Sulsel Pacu Kualitas UMKM

54
Umkm
Program WUB Diskop UKM Sulsel Pacu Kualitas UMKM

PORTALMAKASSAR.com – Program Penciptaan Wirausaha Baru (WUB) yang dilaksanakan Pemprov Sulsel melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sejak tahun 2014 telah berhasil meningkatkan kualitas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan.

Capaian ini terungkap dalam paparan hasil penelitian yang dilaksanakan Badan penelitian dan pengembangan daerah (Balitbangda) Sulsel, Selasa, 30 Januari 21018 di D’Maleo Hotel, Makassar.

Dalam laporan penelitian yang disampaikan anggota tim peneliti, Yuliana Rauf disimpulkan, program penciptaan wirausaha baru (WUB) Pemprov Sulsel menunjukkan hasil yang signifikan dalam mendorong perekonomian di Sulawesi Selatan.

Hasil penelitian program WUB menunjukkan terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) peserta program WUB melalui pelatihan dan pendampingan.

Temuan penelitian juga menunjukkan, program WUB menciptakan lapangan kerja karena peserta program wirausaha baru merekrut karyawan dengan rentang usia 26-35 tahun.

“Menariknya , temuan kami di lapangan menunjukkan usaha kelompok peserta pelatihan dan penerima penghargaan wirausaha masih berlanjut usahanya hingga kini, yaitu pada sektor jasa 100%, sektor industri kreatif 100%,sektor peternakan 72,22%,sektor pertanian 83,33% dan sektor perikanan 60%, ujarnya.

Program WUB juga telah meningkatkan usaha UMKM dilihat dari produksi,omzet dan profit, tambahnya.

Kepala Diskop UKM Sulsel, Malik Faisal mengatakan, penciptaan wira usaha baru (WUB) telah menjadi salah satu program prioritas Gubernur Sulsel, sehingga pengembangannya terus dilakukan, dengan target mencetak 100 wira usaha baru di setiap desa, di seluruh kabupaten/kota se-Sulsel. Pengembangan wira usaha baru (WUB) bukan cuma dilakukan Pemerintah Provinsi Sulsel, tetapi juga telah mampu didorong dengan keterlibatan para pengusaha, pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel dan pengurus koperasi, tambahnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulsel, Iqbal Suaeb mengatakan,penelitian ini dalam rangka meningkatkan daya saing daerah serta jumlah hasil litbang yang mendukung perencanaan pembangunan daerah.

Kegiatan kelitbangan ini dilaksanakan secara swakelola oleh pejabat fungsional peneliti,perekayasa dan tenaga ahli.Survei antara lain terkait prioritas Pemprov Sulsel dalam membuka 500 ribu lapangan kerja baru,pelayanan rumah sakit dan survei program prioritas Pemprov Sulsel dalam penciptaan wirausaha baru dan pengembangan usaha mikro kecil di Sulsel. (red/rils)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA