Siapkan 10 Ribu Pipa, Upaya PDAM Makassar Tekan Kebocoran Air

116
Kantor PDAM Makassar, Jl Ratulangi.

PORTALMAKASSAR.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar tak menampik masih banyaknya indikasi kehilangan air yang diakibatkan kebocoran air PDAM.

Humas PDAM Kota Makassar, Muh Idris Tahir menyampaikan indikasi kehilangan air itu dipengaruhi masih banyaknya kebocoran pipa sambungan rumah yang berkarat, kebocoran pipa induk yang belum terdeteksi atau belum ditemukan.

Bahkan kata Idris, asumsi kebocoran pipa induk yang lama itu bukan kerap tapi mungkin saja masih bocor sampai saat ini tapi belum dapat di deteksi posisinya.

“Contoh misalnya kebocoran di Talasalapang, pernah juga bocor pipa induk Jl. Somba Opu di dekat Pualam. Mugkin bocornya sudah lama tapi baru terdeteksi karena jalan sudah longsor kedalamannya sekitar 4 meter,” kata Muh Idris, Senin (12/3).

PDAM saat ini dibawah kendali Haris Yasin Limpo sebagai Dirut PDAM, kata Humas PDAM sudah melakukan upaya dengan program penggantian pipa distribusi/pipa induk dibeberapa jalan utama, rehabilitasi pipa sambungan rumah serta penggantian meter bermasalah.

“Program kita memang akan mengganti pipa sambungan rumah yang tahap awal sekitar 10 ribu sambungan, yang kemungkinan mengalami kebocoran karena keropos l, patah dan lain-lain,” sambung Idris.

Terkait sumber daya manusia (SDM), pihak PDAM, kata Idris, terus melakukan perbaikan dilapangan.

“Petugas kami tidak pernah berhenti untuk melakukan perbaikan kebocoran, baik itu info dari warga maupun temuan langsung petugas,” bebernya.

Sebelumnya pihak DPRD Makassar berharap kebocoran yang mengakibatkan kehilangan air cepat ditangani PDAM Makassar.

(red1)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA