Sudirman Said: SBY Pesan KPU dan Bawaslu Agar Netral

PORTALMAKASSAR.COM – Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said, mengatakan Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi pesan agar penyelenggara pemilu bersikap netral. Hal ini disampaikan saat SBY bertemu Prabowo-Sandiaga.

“Menurut saya sebaiknya penyelenggara negara, KPU, Bawaslu betul-betul netral itu pesan Pak SBY tadi,” kata Sudirman di kediaman SBY, di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut ada kesamaan pandangan. Prabowo-Sandi dan SBY sama-sama melihat ada ketidakadilan dan akan disampaikan dalam debat.

“Ada satu kesamaan pandangan soal situasi sekarang dan itu jadi landasan persiapan materi debat yaitu suasana ketidakadilan baik dari segi hukum, sosial, ekonomi itu yang harus menjadi semacam pedoman sehingga materi-materi debat diarahkan bagaimana menjawab, bagaimana mencari solusi dari ketidakadilan itu,” ucap Sudirman.

Dia mengatakan SBY tak memberikan masukan yang bersifat teknis. SBY, lanjutnya, memberikan prinsip-prinsip berkomunikasi dengan baik.

Sudirman sendiri berpendapat ada penanganan dugaan pelanggaran pemilu yang tidak adil. Dia mengambil kasus soal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengacungkan salam dua jari dan jadi polemik.

“Karena banyak sekali kepala daerah yang melakukan itu tidak diapa-apakan. Sebenarnya itu wujud dari ya inilah suasana ketidakadilan itu dan masyarakat menonton itu. Mudah-mudahan penyelenggara pemilu netral,” ucap Sudirman.

Dia mengatakan akan ada pertemuan teratur antara Prabowo-Sandi dan SBY hingga hari pemilihan 17 April nanti.

Soal kedatangan SBY ke acara debat capres pertama nanti, Sudirman belum bisa memastikan. Meski begitu BPN akan tetap mengirimkan undangan ke semua partai koalisi.

“Tidak dibahas tapi undangan pasti akan diberikan ke seluruh koalisi dan nanti kita lihat,” pungkas Sudirman.

(detik.com)

Berikan Komentar