Survei IYL-Cakka Paling Tinggi, Koalisi Rakyat Semakin Menyatu

Survei IYL-Cakka Paling Tinggi, Koalisi Rakyat Semakin Menyatu

PORTALMAKASSAR.com – Pasangan nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) boleh saja baru memulai pergerakan sosialisasinya. Tapi, nama dan rekam jejak kepemimpinannya kini sudah tersimpan di hati rakyat.

Terbukti di hampir semua hasil survei, baik lembaga yang diduga dipesan rivalnya, maupun lembaga yang benar-benar punya kredibilitas, nama pasangan ini selalu bercokol di posisi teratas.

Jika sebelumnya Populi Center melansir pasangan independen ini paling tinggi tingkat penerimaan positifnya, maka hasil survei terbaru Lembaga Indo Survey Startegy (ISS), elektabilitas IYL-Cakka bercokol di peringkat pertama.

Di survei yang dirilis di Jakarta, Minggu (4/3/2018), elektabilitas IYL-Cakka kini sudah menembus angka 24,3 persen. Padahal, pergerakan kandidat ini justru jauh lebih minim selama beberapa bulan terakhir dibandingkan NH-Aziz dan NA-ASS yang sudah jor-joran roadshow ke kabupaten/kota.

Bahkan, NA-ASS yang diusung oleh koalisi PDIP naik-turun ke daerah menggunakan helikopter. Seperti yang dilakukan saat melakukan kunjungan ke salah satu desa di Kabupaten Gowa, belum lama ini.

Elektabilitas IYL-Cakka yang terus di posisi pertama juga sejalan dengan menyatunya sejumlah tokoh dan politisi lintas parpol, serta komunitas rakyat yang memberi dukungan ke pasangan ini.

Catatan penulis, dibeberapa daerah yang sudah dikunjungi IYL maupun Cakka selama empat pekan terakhir, tanda-tanda kemenangan juga sudah nampak. Itu tercermin semakin menyatunya lintas tokoh dan rakyat.

Bahkan, di daerah yang menggelar pilkada kabupaten/kota, sejumlah pentolan kandidat bupati/walikota justru menyatu di IYL-Cakka. Seperti di Wajo, Pinrang, Luwu, Palopo, Jeneponto, Bantaeng.

Bukan hanya itu, daerah yang belum lama ini menggelar Pilkada, seperti Takalar, eks tim sukses atau relawan di dua pasangan, juga sudah melupakan rivalitas di pilkada, dan kini sudah menyatu dibarisan Punggawa Macakka.

Karena alasan itu pula lah, beberapa pentolan partai pengusung kandidat lain, semakin mantap memilih IYL-Cakka. Mulai sejumlah politisi Golkar, Nasdem, PAN, PPP, maupun Gerindra.

Ketua DPW PPP Sulsel, Muh Aras mengatakan, dukungan ke IYL-Cakka sulit untuk dibendung. Selain figuritas keduanya yang punya rekam jejak mumpuni, dan tak pernah tersandung kasus korupsi, juga komitmennya yang tak perlu diragukan.

“Belum lagi kerja nyata keduanya yang faktanya memang ada dan terbukti. Bukan bermodal pencitraan. Begitu juga terobosan-terobosan programnya yang sangat pro rakyat,” tandas Aras. (#tim)

Berikan Komentar