SYL Lantik Pengurus Mabicab dan Kwarcab Pramuka Bulukumba

Mabicab Pramuka
Ketua Kwarda Pramuka Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) melantik para pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba periode 2016-2021 di Gedung PKK, Senin (05/02/2018)

PORTALMAKASSAR.com – Usai perayaan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke- 58 di lapangan Pemuda, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang juga sebagai Ketua Kwarda Pramuka Sulawesi Selatan melantik para pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba periode 2016-2021 di Gedung PKK, Senin (05/02/2018).

Ketua Mabicab dijabat secara Ex Officio oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali sedangkan Ketua Kwarcab dijabat oleh Tomy Satria Yulianto yang juga sebagai Wakil Bupati Bulukumba.

Sejak Kwarda Pramuka Sulawesi Selatan menetapkan kepengurusan Kwarcab Pramuka Bulukumba setahun yang lalu, namun baru kesempatan ini di peringatan Hari Jadi Bulukumba SYL melantik pengurus Kwarcab Bulukumba.

Menurut SYL, Pramuka adalah sebuah proses pembelajaran yang dibutuhkan oleh negara dan bangsa, baik itu belajar maupun mengajar.

“Caranya adalah menjaga kebersamaan dengan terlibat aktif dalam membantu pemerintah, membantu TNI-Polri dalam menghadirkan daerah Bulukumba yang aman, daerah Bulukumba yang damai, daerah Bulukumba yang tenteram dan teratur,” katanya.

Dalam menciptakan manusia-manusia yang memiliki kecerdasan atau intelegensia, kata SYL itu sangat mudah karena bisa didapatkan melalui pelajaran, belajar di buku, atau di Google.

Begitu pula kita bisa menciptakan manusia yang memiliki kekuatan energi atau memiliki kemauan dan etos yang tinggi.

Namun di Pramuka , yang harus diajarkan adalah tentang integritas manusia itu sendiri. Integritas menurut SYL adalah yang segala jiwa raganya bertanggungjawab pada kehidupan yang lebih baik.

“Kalau orang cuma pintar dan punya energi, tetapi tidak punya integritas, maka justru berbahaya di kemudian hari, bisa jadi provokator dan bisa menghancurkan negara ini, sehingga agenda melahirkan generasi yang berintegritas adalah agenda yang paling utama bagi pramuka,” kata SYL saat menyampaikan sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, SYL juga mengukuhkan pengurus ORARI Lokal Bulukumba masa bakti 2018-2021 yang di ketuai oleh H Patudangi yang juga anggota DPRD dari Fraksi Gerindra. (humaskab /red)

Berikan Komentar