Tanpa Disadari, Pesan Grup WhatsApp Anda Bisa Dibaca Hacker

197

PORTALMAKASSAR.com – Pernahkah anda Memikirkan pesan di grup WhatsApp yang anda ikuti rupanya dapat disadap oleh hacker? Jika iya, hal hal yang demikian sama dengan anggapan yang dikemukakan seorang peneliti keamanan asal Jerman, Paul Rosler.

Mengutip situs web Indian Times, Senin (15/1/2018), Rosler menemukan metode meretas percakapan grup WhatsApp kendati aplikasi ini sudah menggunakan enkripsi end-to-end.

Paul Rosler, merupakan seorang peneliti keamanan dalam wawancaranya dengan Wired mengatakan, hacker yang sanggup dan mampu mengendalikan server WhatsApp dapat dengan sangat mudahnya menambahkan orang ia inginkan masuk ke dalam grup, tanpa izin dari admin grup terlebih dahulu.

“Semua rahasia data di dalam grub akan terbongkar ketika ada member tidak diundang masuk dan membaca semua pesan di dalam grup ,” kata Rosler yang dikutip dari Wired.

Rosler menambahkan, kecuali di WhatsApp, kejadian serupa juga dapat terjadi pada aplikasi pesan Signal dan Threema. Kendati seperti itu , kerentanan kedua aplikasi pesan hal yang demikian lebih rendah dibandingi WhatsApp.

Sementara itu, Profesor Kriptografi Universitas Johns Hopkins Matthew Green bahkan meninjau hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Rosler.

“Kalau anda membangun sebuah cara di mana seluruh bermuara pada kepercayaan server, tentunya enkripsi end-to-end tak akan ada gunanya,” Katanya.

(red3)

MASUKKAN KOMENTAR ANDA