Terkait Broadcash ke Pelanggan Telkomsel, Ini Penjelasan Diskominfo

Kepala Bidang Aplikasi Telematika (Aptika) Kominfo Kota Makassar, Denny Hidayat
Kepala Bidang Aplikasi Telematika (Aptika) Kominfo Kota Makassar, Denny Hidayat (kiri).

PORTALMAKASSAR.com – Kementrian Kominikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan broadcash terkait peningkatan kualitas layanan di seluruh Indonesia.

Dalam broadcash pesan yang dilayangkan ke seluruh pelanggan Telkomsel per Selasa (27/2/2018), Kominfo berencana melakukan penataan penataan frekuensi selama 7 hari.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/2/2018) kemarin, Kepala Bidang Aplikasi Telematika (Aptika) Kominfo Kota Makassar, Denny Hidayat menjelaskan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tahun lalu baru saja selesai menggelar lelang frekuensi. Ada dua frekuensi yang dilelang, yakni di 2.100MHz dan 2.300MHz.

“Untuk 2.300MHz, Telkomsel selaku pemenang sudah dapat langsung memakainya karena kondisi bloknya kosong. Sementara di frekuensi 2.100MHz, pemerintah akan melakukan penataan lebih dulu (reframing). Hal itulah yang memunculkan SMS dimaksud,” katanya.
Dalam proses penataan (reframing) kali ini, lanjut dia ada beberapa blok yang berubah.

“Dimana Kominfo memindahkan Indosat dari blok 6 dan 7 ke blok 11 dan 12. Telkomsel dari blok 3 ke 6, dan XL dari blok 10 ke 7. Selanjutnya blok 3 akan menjadi third carrier Tri, sedangkan blok 10 akan menjadi third carrier dari Indosat,” ujarnya.

Proses penataan frekuensi ini akan berlangsung dalam 156 hari kalender, mulai dari 21 November 2017 hingga 25 April 2018.

(Hamzah)

Berikan Komentar