Unhas Optimalkan Aplikasi Turnitin Guna Cegah Plagiarisme

Pusat Manajemen Publikasi Universitas Hasanuddin menggelar Training Turnitin Application For Plagiarism Detection

PORTALMAKASSAR.COM – Publication Management Center (PMC) atau Pusat Manajemen Publikasi Universitas Hasanuddin menggelar Training Turnitin Application For Plagiarism Detection yang diikuti oleh staf tim Penilai Angka Kredit (PAK) di 15 Fakultas di Unhas.

 

Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Turnitin ini berlangsung di gedung Sekolah Pascasarjana Unhas, pada Kamis (8/11/2018) pukul 09.00 WITA. Sekitar 30 peserta hadir dalam pelatihan tersebut.

Turnitin merupakan aplikasi berbasis online untuk memeriksa originalitas naskah yang biasa digunakan dalam dunia akademik. Dengan aplikasi ini, publikasi ilmiah dapat semakin berkualitas, sekaligus untuk meningkatkan integritas para penulis dalam menghasilkan artikel ilmiah.

Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah civitas akademika Unhas. Kegiatan tersebut merupakan langkah lanjut dari PMC setelah Unhas membeli lisensi software Turnitin. Dengan aplikasi teknologi ini, tim PAK nantinya bisa mencegah setiap upaya penjiplakan karya ilmiah.

“Nanti PMC dapat mengecek, fakultas mana yang paling aktif menggunakan software ini dan mana yang tidak. Kita berharap penggunaaanya dioptimalkan, dan akan berujung pada peningkatan kualitas, sehingga Unhas benar-benar menjadi world class university,” kata Prof Muhammad Restu, Wakil rektor bidang akademik Unhas saat membuka kegiatan.

Pelatihan penggunaan aplikasi software ini terselenggara atas kerja sama PMC dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) Unhas. Narasumber yang membawakan materi dan simulasi Turnitin ini adalah Dr. Ilham Bakri dan Dr. Andi Dirpan.

(Syamsi)

Berikan Komentar