Wakili Sulawesi, Mahasiswa FE UNM Bakal Mengajar Anak TKI di Malaysia

426
Andika Isma
Andika Isma

PORTALMAKASSAR.COM – Volunteerism Teaching Indonesian Children Foundation (VTIC Foundation) adalah sebuah organisasi non-profit yang bergerak di bidang pendidikan dan kemanusiaan yang resmi didirikan di akta notaris pada tanggal 08 Desember 2014. Setiap tahunnya, VTIC Foundation merekrut mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk bergabung menjadi sukarelawan mengajar anak-anak TKI.

 

VTIC Cycle merupakan program utama VTIC Foundation. Program ini adalah program mengajar sukarela anak-anak buruh migran Indonesia di Sarawak Malaysia. Program ini adalah salah satu sarana penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan bagi mahasiswa yang ingin terjun ke lapangan selama satu bulan.

Andika Isma, mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNM angkatan 2015 telah berhasil menjadi perwakilan Universitas Negeri Makassar sekaligus perwakilan Regional Pulau Sulawesi untuk menjadi Cikgu Volunteer dalam program VTIC FOUNDATION cycle 6 di Serawak, Malaysia.

Berawal dari mencari informasi melalui temannya pada saat kegiatan pengabdian. Dia kemudian memberanikan diri untuk mendaftar. Dia telah berhasil melewati 3 tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi dan pembuatan essay, seleksi microteaching dengan mengajar anak-anak, dan seleksi yang terakhir yaitu wawancara. Kemudian dilanjutkan praktek mengajar berdasarkan inovasi yang dibuat oleh andika.

“Awal mulanya saya tidak yakin untuk lolos, karena semua saingannya rata-rata hebat-hebat dan beberapa diantaranya sudah mahasiswa akhir,” Ungkap Andika

Ini merupakan sebuah tantangan tersendiri untuknya. Maka dari itu, dia ingin membuktikan bahwa ia juga bisa untuk selangkah lebih maju.

“Berkat kerja keras, doa dan dukungan dari semua pihak, alhamdulillah saya bisa terpilih menjadi Cikgu Volunteer dalam program VTIC FOUNDATION cycle di Malaysia,” lanjut Andika yang juga merupakan salah satu Dewan Pengurus Pusat Fraksi Muda Indonesia.

(zaki)

Berikan Komentar