Yasmib Sulawesi Nilai Pemprov Tertutup Masalah Anggaran

Direktur Yasmib Sulawesi, Rosniaty Azis

PORTALMAKASSAR.COM – Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terbuka dalam hal informasi dan data terkait anggaran daerah kepada masyarakat.

 

Hal itu disampaikan langsung oleh ketua Direktur Yasmib Sulawesi Rosniaty Azis pada Konferensi Pers dan Diskusi Awal Tahun Yasmib Sulawesi, di Kafe Independen, Selasa (08/01/2019). Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar masyarakat bisa memberikan masukan dan tanggapan terhadap rencana pembangunan.

“Kalau kita buka website pemerintahan, data yang tersaji tidak update. Di era digital seperti saat ini, harusnya pemerintah menyajikan informasi terkait perencanaan dan penganggaran pembangunan dalam portal daerah, termasuk tentunya Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah,” ungkap Rosniaty.

Data yang menyangkut persoalan publik, menurut Rosniaty harus diungkap. Ia menegaskan, masyarakat harus tahu dan terlibat dalam pembangunan sebab rakyat juga membayar pajak.

“Jangan selalu memposisikan masyarakat selalu berada di luar sistem,” katanya.

Lebih lanjut, Rosniaty mengatakan pemerintah memang punya Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA), tapi dokumen tersebut sulit diakses masyarakat. Seperti dirahasiakan.

“Tidak pernah dibuka ke publik,” ungkapnya.

Fadli A Natsif akademisi yang hadir dalam diskusi mengatakan, minimnya informasi  pemerintah khususnya terkait penganggaran daerah ini dinilai melanggar hak masyarakat dalam mendapatkan informasi publik.

“Masyarakat yang dirugikan bisa menggugat,” kata Fadli.

Berikan Komentar